Cara Mendapatkan Uang Lewat Blog

Sebenarnya sangat mudah mendapatkan uang lewat blog, jika anda benar-benar menekuni dunia blogging. Anda bisa mendapatkan uang lewat blog (baik Rupiah maupun Dollar) dari blog berbahasa Indonesia. Kebanyakan para blogger menekuni dunia blogging pasti karena ingin mendapatkan keuntungan lewat blog yang dimilikinya, ataupun hanya sekedar hobi saja.


Berikut adalah cara mendapatkan uang lewat blog :

1. Menampilkan Iklan Pay Per Click (PPC) Domestik di Blog Anda
Saat ini setidaknya sudah ada 6 pelaku bisnis PPC di Indonesia. Yaiutu : KlikSaya.com, KumpulBlogger, PPC Indo, IndoFad, IdBlognetwork dan SITTI. Dengan menjadi publisher program-program PPC domestik, Anda bisa menampilkan iklan berbahasa Indonesia dan mendapatkan komisi (tentu dalam rupiah) jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog Anda.

2. Menampilkan Iklan PPC Asing
Pilihan kedua adalah menampilkan iklan PPC asing. Sejak tanggal 1 Februari 2012, Google Adsense sudah bisa ditampilkan di blog berbahasa Indonesia.Dengan menampilkan iklan PPC di blog Anda, Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah klik dari pengunjung blog Anda. Semakin banyak pengunjung blog Anda, tentu semakin besar pula jumlah komisi yang Anda dapatkan.

3. Menampilkan Banner Program Affiliasi Asing
Meskipun bukan cara terbaik, menampilkan banner link affiliasi berukuran 125X125 di Blog anda. Namun, jika pengunjung blog Anda melakukan pembelian melalui banner link affiliasi tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

4. Menampilkan Google Adsense For Search
Selain iklan PPC, Anda bisa menampilkan unit Adsense for Search di blog Anda. Pergunakanlah layanan Google Custom Search Engine untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai kata kunci dan alamat situs yang Anda inginkan.

5. Menjual Text Link Ads
Pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia yang lain adalah dengan menjual link di blog Anda. Dengan menjual link, yang Anda lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog Anda. Semakin tinggi link ranking, Alexa, Technorati dan PR blog Anda, semakin mahal harga link yang bisa Anda tawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa Anda ikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com.

6. Menjual Jasa Keahlian Anda
Jika Anda memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, atau bahkan keahlian-keahlian lain seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada salahnya mempromosikan keahlian Anda melalui blog Anda. Selain sebagai ruang pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog Anda juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian Anda. Jadi silahkan mencari keahlian apa yang kira-kira bisa Anda jual melalui blog Anda.

7. Menjual Produk Karya Anda Sendiri
Jika saat ini Anda telah memiliki bisnis offline, tidak ada salahnya mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi secara online melalui blog Anda.
Masih banyak cara untuk mendapatkan uang lewat blog, tapi di postingan kali ini saya hanya menuliskan 7 cara yang paling populer.

Bagaimana? Sangat mudah bukan mendapatkan uang lewat blog?

Saya akan sangat senang jika Anda memberikan komentar untuk postingan saya kali ini :). Jika Anda ingin mendapatkan Info menarik lainya, silahkan menjadi pelanggan blog saya :).

3 comments

thx info nya..
ngomong2 cara gabung di google adsense itu gmana ya?
mohon penjelasannya

Visit juga ya
web-patrick.blogspot.com

ikut juga dengan pasang iklan adsense, mudah2an dapat dollar. Salam sehat yah


EmoticonEmoticon